Cara agar Tidak Over Budget saat Promo Harbolnas


Hari belanja online nasional atau Harbolnas yang jatuh pada tanggal 12 Desember merupakan momen tahunan yang ditunggu para pecinta belanja online.
Di hari tersebut akan banyak promo menarik yang diberikan oleh E-commerce dan marketplace.
Sebelum Anda tergoda dengan berbagai promo Harbolnas dan akhirnya over budget, pahami dahulu tips berikut ini.

Tentukan Bujet

Hal pertama yang harus Anda lakukan agar tidak over budget adalah menentukan budget. Diskon,terlebih  pada momen besar seperti promo Harbolnas akan membuat orang menjadi lebih mudah tergoda dan konsumtif, yang akhirnya akan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Oleh sebab itu, tentukan bujet yang hendak Anda keluarkan dalam menyambut Harbolnas. Caranya, buatlah daftar belanja berdasarkan prioritas, lalu hitung berapa anggaran yang Anda butuhkan. Hal ini sangat efektif mencegah “lapar mata” yang akhirnya menyebabkan pengeluaran tidak terkontrol.

Perhatikan Diskon

Ketika berbelanja di manapun itu, telitilah melihat diskon, karena diskon yang besar belum tentu lebih hemat.
Anda pasti pernah melihat suatu barang dengan diskon yang besar, namun harganya masih terasa mahal.
Biasanya, hal ini disebabkan karena sebelum memberi diskon, penjual menaikan harganya. Sehingga, diskon yang sebenarnya Anda dapat tidak sebesar itu.
Selain itu, hati-hati pula dengan diskon ganda.
Jika Anda pernah melihat barang dengan label diskon 50% yang ditulis besar dan diskon 20% ditulis kecil, jangan langsung tergoda. Pasalnya, diskon 50% + 20% tidak sama dengan diskon 70%. Jika dihitung dengan teliti, uang yang harus Anda keluarkan untuk diskon ganda pasti lebih besar.

Bandingkan dengan Toko Lain

Ketika momen besar seperti Harbolnas, para penjual tentu akan berlomba memberikan penawaran menarik.
Oleh sebab itu, jangan terlalu fokus pada satu toko saja, cobalah untuk membandingkan harga denga toko lain. Bahkan, terkadang dalam satu marketplace, toko yang satu dengan toko lainnya memiliki harga yang berbeda.

Teliti Melihat Kualitas Barang

Banyak kejadian ketika berbelanja barang diskon, kualitas yang didapat kurang baik atau bahkan tidak dapat digunakan sehingga uang terbuang percuma.
Hal ini kerap dilakukan oleh penjual yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen besar untuk menjual barang yang sebenarnya tidak layak.
Walaupun banyak juga orang yang tidak masalah membeli barang dari brand ternama dengan sedikit cacat atau lecet selama harganya murah dan masih nyaman dipakai.
Namun, tak sedikit pula yang mengharapkan mendapatkan barang tanpa cacat. Oleh karenanya, telitilah sebelum membeli produk, terlebih ketika momen-momen besar.

Perhitungkan Ongkos Kirim

Ketika berbelanja secara online, tentu tak lepas dari yang namanya ongkos kirim. Hal ini banyak luput dari perhatian ketika berbelanja, sehingga pengeluaran menjadi boros.
Perhitungkan harga barang yang hendak Anda beli dan berapa ongkos kirim yang harus Anda bayarkan.
Jangan sampai Anda membeli barang yang memiliki ongkos kirim lebih besar dari diskon yang didapat.
Beberapa E-commerce atau marketplace juga umumnya menawarkan promo gratis ongkos kirim dengan beberapa persyaratan tertentu.
Anda bisa mempertimbangkan hal ini selama persyaratannya tidak merugikan.

Ajak Kerabat Berburu Diskon

Selain potongan harga, ada pula diskon dalam bentuk lain seperti beli 1 gratis 1 atau beli 2 gratis 1. Dibanding harus membeli barang dalam jumlah banyak yang nantinya tidak terpakai, lebih baik mengajak teman atau keluarga untuk belanja. Selain itu, dengan belanja bersama, biaya pengiriman juga bisa jadi lebih murah.

Nah, itulah beberapa cara mencegah over budget ketika promo Harbolnas.
Karena, Harbolnas semakin dekat, jangan lupa untuk menyiapkan anggaran untuk berburu diskon Desember nanti. Selain itu, mulailah melihat-lihat E-commerce atau marketplace, karena umumnya mereka mengadakan promo jauh sebelum Harbolnas.