Manfaat Khasiat Daun Kemuning Untuk Pengobatan Tradisional Alami

Manfaat Khasiat Daun Kemuning Untuk Pengobatan Tradisional Alami - Tahukah anda tumbuhan kemuning ?. Kemuning atau yang biasa orang menambahkan kata bunga di depan namanya merupakan tumbuhan yang tumbuh liar di semak belukar, tepi hutan.Ataupun sengaja ditanam sebagai tumbuhan hias dialaman maupun tumbuhan pagar dipekarangan . Kemuning (Murraya paniculata) ialah flora dari famili Rutaceae atau suku jeruk jerukan.Tanaman yang nama sinonimnya Murraya exotica L.; Murraya banati Elm; Chalas paniculata, merupakan flora tropis yang sanggup mencapai tinggi 7 meter dan berbunga sepanjang tahun. Daunnya menyerupai daun jeruk, cuma berukuran lebih kecil.


Kemuning sanggup ditemukan hingga ketinggian ± 400 m dpl. Variasi morfologi besar sekali. Yang biasa ditanam untuk memagari pekarangan, biasanya jenis yang berdaun kecil dan lebat. Semak atau pohon kecil, bercabang banyak, tinggi 3 - 8 m, batangnya keras, beralur, tidak berduri. Daun majemuk, bersirip ganjil dengan anak daun 3 - 9,. letak berseling. Helaian anak daun bertangkai, bentuk lingkaran telur sungsang atau jorong, ujung dan pangkal runcing, tepi rata atau agak beringgit, panjang 2 - 7 cm, lebar 1 - 3 cm, permukaan licin, mengilap, wamanya hijau, bila diremas tidak berbau. Bunga beragam berbentuk tandan, 1 - 8, warnanya putih, wangi, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting.

Sebagai tumbuhan hias Bunga Kemuning ialah tumbuhan hias yang menghasilkan wangi yang tajam terutama pada malam hari. Bunga Kemuning ( Murraya paniculata ) merupakan tiruan bunga melati yang tidak sekedar wangi. Bunganya termasuk bunga tunggal atau beragam tandan semu, setiap tandan berjumlah 8 bunga. warnanya putih, wangi, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting. Daun mahkota bunga berwarna putih. Buah kemuning berdaging berbentuk lingkaran telur atau lonjong, panjang 8 - 12 mm, dengan pangkal dan ujungnya lancip buah masih muda hijau sehabis bau tanah merah mengkilap,dan akan berwarna merah hingga oranye bila sudah matang dan berbiji dua.

Bunga Kemuning ini punya nama atau sebutan lain diberbagai tempat yaitu Kamuning (Sunda), kemuning, kumuning (Jawa).; Kajeni, kemuning, kemoning (Bali), kamoneng (Madura),; Kamuning (Menado, Makasar), Kamuniang (Minangkabau),kamoni (Bare), palopo (Bugis).; Kamuni (Bima). eseki, tanasa, kamone, kamoni (Maluku).; Jiu li xiang, yueh chu (China), Orange jessamine (Inggris).;

Kandungan Kimia dan efek farmakologis Kemuning

KANDUNGAN KIMIA : Daun kemuning mengandung cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tanin, dan coumurrayin. Kulit batang mengandung mexotioin, 5-7-dimethoxy-8- (2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin. Sedangkan bunga kemuning mengandung scopeletin, dan buahnya mengandung semi-ec-carotenone.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian : 1. Infus daun kemuning dengan takaran 1.000 mg serbuk/kg bb mencit albino pada percobaan analgesik dengan materi pembanding asetosal 52 mg/kg bb, memperlihatkan efek analgesik (Pudjiastuti, dkk., Cermin Dunia Kedokteran No.59, 1989). 2. Infus daun kemuning dengan takaran 210 mg, 420 mg dan 840 mgl 200 g bb diberikan per oral pada tikus sesaat sebelum penyuntikkan 0,2 ml larutan karagenin 1 % dalam NACI fisiologis secara subplantar (zat pembuat udern buatan). Pada infus daun kemuning dengan takaran 840 mg/200 g bb memperlihatkan efek anti-inflamasi mendekati natrium diklofenak dengan takaran 8 mg/200 g bb yang dipakai sebagai pembanding (Farida Ibrahim, Jubeini, Katrin, Rosrini, Jurusan Farmasi FMIPA Ul - berita Perhipba No.Lllll, Jan-Maret 1995). 3. Infus daun kemuning 10%, 20%, 30%, 40% sebanyak 0,5 ml pada mencit sanggup menurunkan berat tubuh secara bermakna (Ika Murni Sugiarti, Jurusan Biologi FMIPA UNAIR, 1990).

Manfaat Bunga Kemuning Untuk Pengobatan Tradisional Alami


Berkat kandungan kimia serta efek farmakologis yang terdapat didalamnya, tumbuhan kemuning ini dipercaya sanggup dipakai untuk mengobati banyak sekali penyakit menyerupai Radang buah zakar/testis (orchitis), radang terusan napas (bronkhitis), ; Infeksi terusan kencing, kencing nanah, keputihan, sakit gigi,; Haid tidak teratur, lemak tubuh berlebihan, pelangsing tubuh, ; Nyeri pada tukak (ulkus), memar akhir benturan,;Menghaluskan kulit yang kasar, Rematik, keseleo, digigit serangga dan ular berbisa, ekzema(eksim), Bisul, koreng, epidemik encephalitis B, luka terbuka di kulit,dan lain lain.

Bagian tumbuhan yang sanggup dipakai sebagai obat yaitu Daun, ranting dan akar. Kulit batang juga mempunyai kegunaan obat dengan indikasi sbb :

1. Daun dan ranting berguna untuk mengatasi radang buah zakar (orchitis), radang terusan napas (bronkitis), infeksi terusan kencing, kencing nanah, keputihan, haid tidak teratur, lemak tubuh berlebihan, pelangsing tubuh, nyeri pada tukak (ulkus), sakit gigi, Menghaluskan kulit kasar.

2. Akar Dapat dipakai untuk mengatasi memar akhir benturan atau terpukul, nyeri rematik, keseleo, digigit serangga dan ular berbisa, bisul, ekzema, koreng. epidemik encephalitis B.

3. Kulit batangnya berguna untuk mengobati sakit gigi, nyeri akhir luka terbuka di kulit atau selaput lendir (ulkus). Agar sesuatunya lebih gampang berikut dibawah ini pola pemanfaatanya:

4. Daun kemuning Untuk Mengatasi kerikil Ginjal
Untuk pengobatan kerikil ginjal dengan dau kemuning caranya cukup siapkan 1 genggam daun kemuning kemudian basuh bersih.Selanjutnya daun kemuning di blender kemudian saring airnya.Minum jus daun kemuning secara teratur.

5. Mengobati Bisul dengan akar kemuning kering sebanyak 30 g dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air higienis hingga air rebusannya tersisa l gelas. Setelah hambar disaring Lalu diminum. Sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

6. Ramuan kemuning untuk mengatasi Memar :
Siapkan daun Kemuning dan beling piring, masing-masing 1 genggam penuh,kemudian dicuci kemudian digiling halus.Tambahkan sedikit arak sambil diaduk di atas api. Hangat-hangat ditempelkan pada bab tubuh yang memar.

7. Mengatasi Rematik Encok dan Nyeri sendi : Caranya akar kemuning dan akar tembelekan (Lantana camara) dicuci, tambahkan 3 pasang kaki ayam. Semua materi dipotong-potong seperlunya Lalu tambahkan air secukupnya hingga terendam.Semua materi tersebut Lalu ditim. Hangat-hangat kemudian airnya diminum sekaligus.

8. Mengobati Sakit gigi :
Untuk mengobati Sakit gigi cukup dengan memakai minyak yang keluar dari kulit batang kemuning yang dibakar kemudian diteteskan ke dalam gigi yang berlubang.

9. Ramuan Kemuning untuk Melangsingkan tubuh :
Bagi sahabat yang punya dilema kegemukan dan ingin mendapat bentuk tubuh yang langsing sanggup mencoba cara ini. siapkan daun kemuning segar dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) masing-masing segenggam penuh dan temu giring sebanyak 1/2 jari kelingking ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil diaduk merata. Kemudian diperas. Air perasan tersebut diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan.

10. Mengatasi Radang buah zakar/testis(orchitis).
Untuk mengatari Radang ini cukup siapkan Daun kemuning segar sebanyak 60 g dan herba sambiloto sebanyak 35 g dicuci kemudian direbus dengan 3 gelas air higienis hingga airnya tersisa 1 gelas. Setelah hambar disaring, kemudian diminum 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Lakukan setiap hari hingga sembuh.

11. Mengobati Infeksi terusan kencing:
Infeksi terusan kencing sanggup menyerang siapa saja.Namun Wanita mempunyai resiko lebih besar terserang penyakit inidaripada laki - laki.Jika ternyata penyakit ini sudah menjangkiti tubuh anda,tidak usah khawatir untuk menngatasinya. sediakan daun kemuning segar sebanyak 35 g dicuci kemudian tambahkan 3 gelas air bersih. Rebus hingga airnya tersisa separonya. Setelah hambar disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. minum secara teratur hingga sembuh.

12. Melancarkan Datang bulan/haid yang tidak teratur :
Untuk melancarkan haid yang tidak teratur yang harus dilakukan ialah sediakan daun kemuning dan daun pacar kuku (Lawsonia inermis) masing- masing materi segar sebanyak 1/2 genggam, rimpang temulawak 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air higienis Lalu direbus hingga airnya tersisa 1 gelas. Setelah hambar disaring, kemudian diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

13. Menghaluskan Kulit yang kasar
Hanya siapkan daun kemuning segar sebanyak 30 g dicuci Lalu ditumbuk hingga lumat. Tambahkan air higienis 1 gelas sambil diaduk rata. Bahan tersebut kemudian dilulurkan pada kulit sebelum tidur.

14. Mengatasi penyakit eksim
Penyakit kulit yang satu ini merupakan penyakit yang cukup menjengkelkan untuk mengobatinya cukup dengan merebus dau dan serat atau kulit batang secukupnya.Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci bab yang sakit.

Demikianlah informasi perihal Manfaat Kemuning Untuk Pengobatan Tradisional Alami yang sanggup kami berikan ketika ini .Semoga bermanfaat.