Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nurtisinya

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kandungan Nurtisinya - Anda sering makan buah mangga ?. Buah mangga atau mango merupakan buah yang sangat terkenal di indonesia. Buah mangga termasuk jenis buah yang mempunyai banyak varietas lantaran memang ketika ini sudah dibudidayakan. Beberapa varietas unggulan dari buah mangga ini diantaranya Mangga Arumanis, Gedong, Golek, dan Manalagi.


Buah mangga dikonsumsi dengan cara memakannya pribadi buah yang sudah masak. Namun ada juga yang memanfaatkan buah mangga sebagai salad serta dibentuk jus. Ada juga yang menjadikannya sebagai materi rujak petis untuk mangga mengkal (masih muda).

Selain mempunyai sifat rasa yang anggun dan menyegarkan, ternyata buah mangga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini juga kaya vitamin E dan diyakini mengandung afrodisiak, yakni materi yang dapat berfungsi meningkatkan libido atau gairah bercinta. Berikut 9 manfaat kesehatan dari buah mangga:

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


1. Antikanker

Anti-cancerogenic dan mencegah kanker payudara, kolon dan prostat. Senyawa antioksidan yang hadir dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat.

2. Menurunkan kolesterol

Mangga kaya akan prebiotik serat makanan. Tingkat tinggi serat, pectin dan vitamin C membantu untuk menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein (kolesterol jahat).

3. Menjaga kesehatan mata

Buah Mangga yakni sumber vitamin A dan flavonoid menyerupai beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Vitamin A membantu penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.

4. Indeks Glikemik Rendah

Nilai Indeks Glikemik mangga yakni 51, yang tergolong dalam kategori rendah. Jadi, mangga tidak mempunyai pengaruh yang terlalu signifikan dalam meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga buah ini cukup kondusif untuk dikonsumsi penderita diabetes, tentu saja dalam jumlah wajar.

5. Membersihkan kulit

Lupakan mitos yang menyampaikan bahwa makan mangga dapat sebabkan jerawat! Mangga justru dapat bertindak sebagai pembersih kulit, dengan membersihkan pori-pori tersumbat dan menghilangkan jerawat.

6. Meningkatkan vitalitas

Manga yakni sumber vitamin E, yang membantu mengatur hormon untuk meningkatkan vitalitas baik laki-laki maupun wanita.

7. Menyehatkan pencernaan

Mangga mengandung enzim untuk menghancurkan protein. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi asam.

Nah, bagaimana berbagai bukan, manfaat buah mangga ini? Jadibagi Anda yang doyan makan buah mangga, jangan khawatir dengan mitos bahwa buah mangga dapat menimbulkan diabetes atau jerawat. Selama dikonsumsi secara wajar, aman-aman saja. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda.